INSAN TV

Bisnis Dahsyat tanpa modal
Indojilbab.com - Toko Jilbab Online

Kamis, 14 Mei 2009

IT’S TIME FOR FLOOR TIME!

Secara umum, bermain merupakan aktifitas menyenangkan yang terjadi secara alamiah. Anak memiliki kesempatan luas untuk bereksplorasi dan berimajinasi secara aktif. Nah, floor time, selain menyenagkan, juga memiliki segudang manfaat, diantaranya:

MERANGSANG OTAK.
Bermain yang melibatkan orangtua dan anak secara efektif, akan membentuk emosi positif yang akan mengoptimalkan tumbuh kembang otak anak, Emosi positif menekan kadar kortisol (stress hormone) sehingga meningkatkan asupan glukosa pada hippocampus, bagian dari otak besar yang berperan pada kegiatan mengingat dan navigasi ruangan. Dengan begitu, hippocampus cukup punya energi menjalankan fungsinya sebagai pusat memori, Selanjutnya turut meningkat pula sejumlah fungsi neurotransmitter, yang memungkinkan sel saraf berkomunikasi satu sama lain. Selain membuat sel-sel saraf tidak mudah rusak. Ada pula yang mengatakan, metode floor time yang dilakukan setiap hari selama minimal 30 menit, dapat merangsang keseimbangan otak kanan dan otak kiri.

MENJALIN KEDEKATAN EMOSI.
Melalui floor time diharapkan dapat tercipta kedekatan emosi antara orangtua dan anak. Ini karena Floor Time dapat menjadi wadah untuk mencurahkan perasaan dan gagasan.

MENCIPTAKAN KOMUNIKASI TERBUKA
Pola komunikasi menjadi terbuka. Komunikasi antara anak dan orang tua berkembang baik. Bahkan kemampuan verbal anak pun berkembang karena teristimulasi.

MELATIH KONSENTRASI
Floor time pada intinya melakukan aktivitas bersama yang berkualitas tanpa gangguan dari pihak lain, bahkan televisi. Dengan begitu, anak bisa memberikan antensinya pada suatu kegiatan tertentu pada suatu waktu. Perhatiannya tidak terbagi-bagi. Otomatis itu akan melatih daya konsentrasinya. Anak bisa belajar lebih cepat karena kemampuannya berkonsentrasi.

Sumber : Nakita

0 komentar:

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP